Selasa, 17 November 2009

Fenomena Tahun 2012



Beberapa hari ini, dunia digemparkan dengan pemberitaan bahwa di tahun 2012 akan terjadi kiamat. Sebagian besar berita – berita di media massa, media elektronik maupun, dunia maya seperti website, blog, dan lainnya dihiasi dengan pemberitaan bahwa tahun 2012 ada indikasi bahwa akan terjadinya kiamat Qubra (Kiamat Besar). Bukan hanya itu saja, hingga saat ini, mesin pencarian terbesar di dunia (google), mencatat peringkat pertama yang diincar beritanya oleh para news browser adalah 2012. Ditambah lagi dengan munculnya film 2012 yang baru-baru ini sudah diputar di bioskop-bioskop Indonesia yang bisa dibilang dengan hadirnya film ini, isu kiamat ditahun 2012 semakin menguat.

Kenapa orang begitu mudah percaya dengan datangnya kiamat ditahun 2012..??


Padahal Rasulullah SAW tidak mengetahui kapan akan terjadinya kiamat, karena sesungguhnya kiamat itu adalah rahasia sang Pencipta Langit, bumi dan seluruh alam semesta beserta isinya, yaitu Allah SWT. Lantas, kenapa kita harus mempercayai bahwa kiamat akan datang ditahun 2012, sedangkan Rasulullah saja tidak mengetahuinya. Sesungguhnya Dia lah maha mengetahui. Meskipun demikian, tentunya kita mempunyai alasan masing-masing untuk menyikapinya.


Ada apa dengan tahun 2012.

Tahun 2012 memang penuh dengan kontroversi. Seorang penulis berkebangsaan Lebanon (Lawrence E. Joseph: 2007) menulis sebuah buku “Apocalypse 2012“. Dalam buku “Apocalypse 2012” memaparkan dengan jelas dan ilmiah tentang apa yang akan terjadi ditahun 2012. Di buku tersebut dijelaskan bahwa :

* Kemungkinan akan terjadinya bencana alam ditahun 2012, antara lain : Siklus aktivitas matahari memuncak yang menyebabkan panas yang sangat luar biasa dibumi, terlebih atmosfer bumi sudah mengalami kerusakan dibeberapa bagian akibat ulah manusia (kita sendiri). Akibat kerusakan ini, sinar UV dan Ultraviolet akan langsung mengenai bumi dan isinya yang dapat menyebabkan melehnya es dikutub Utara dan Selatan dan menimbulkan badai yang dahsyat.

* Medan magnet bumi yang befungsi sebagai pertahanan utama bumi terhadap radiasi sinar matahari rusak.

* Tata surya kita tengah memasuki medan awan energi antar bintang. Awan itu mengaktifkan dan merusak keseimbangan matahari serta atmosfer planet-planet. Para ahli geofisika Rusia berpendapat bahwa ketika bumi akan memasuki awan energi tersebut di tahun 2012 hingga 2020 dan akan menimbulkan bencana besar yang belum pernah ada sebelumnya.

Begitu juga dengan ramalan suku Maya, suku Mesir Kuno, suku Hapi, dsb., didalam kalendernya mengungkapkan ditahun 2012 merupakan akhir sekaligus awal zaman baru. Akan banyak darah yang mengalir ditahun 2012.

Kitab kuno dari Cina, I Ching, juga menyatakan akan terjadi bencana besar di tahun 2012.

Beberapa ativitas modern juga terkait dengan tahun 2012, yakni dateline modernisasi besar-besaran Pentagon paska ditubruk rudal dalam peristiwa 11 September 2001, batas akhir pelaksanaan Codex Alimentarius yang berupaya mengurangi populasi manusia di bumi dengan rekayasa genetika dan makanan transgenik, dan sebagainya.

Seorang tokoh spiritual Yahudi dunia bernama Titzchak Qadduri jauh-jauh hari sudah menyerukan kaum Yahudi agar sesegera mungkin meninggalkan daratan Amerika Serikat karena menurut perhitungannya, sebuah komet atau asteroid raksasa tengah meluncur di alam semesta dan mengarah serta akan menumbuk menuju daratan Amerika. (/era muslim)

Menyikapi hal ini, tentunya sebagian masyarakat di seluruh dunia, percaya bahwa akan terjadinya kiamat ditahun 2012. Tapi sebelumnya, mari kita lihat pandangan agama Islam) mengenai Hari Kiamat.


Pandangan Islam terhadap Kiamat.

Dalam Rukun Iman yang ke-6 disebutkan bahwa, “Percaya pada Qadha baik/buruk (Kiamat)” . Sebagai umat beragama, tentunya kita jangan mudah percaya akan isu-isu kiamat yang akan terjadi ditahun 2012. Hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Kita hanya harus percaya kalau Kiamat itu PASTI terjadi, tapi kita TIDAK akan pernah tahu KAPAN itu terjadi.

Kita bisa mengatakan kiamat akan tiba apabila kita sudah merasakanya tanda-tanda kiamat tersebut. Sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum kamu melihat 10 tanda :

1. Asap
2. Dajjal
3. Binatang melata di Bumi
4. Terbitnya matahari sebelah barat
5. Turunnya Nabi Isa A.S
6. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj
7. Gerhana di timur
8. Gerhana di barat
9. Gerhana di jazirah Arab
10. Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka.

Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis, untuk lebih jelasnya bisa klik di sini.

Relevansinya terhadap dunia saat ini.

Tentu, kita sebagai umat beragama, sudah mulai merasakan sebagian dari tanda-tanda kiamat didunia ini, seperti:

1. Dan perceraian banyak terjadi
2. Dan banyak terjadi kematian mendadak (tiba-tiba)
3. Dan banyak mushaf diberi hiasan (ornamen)
4. Dan masjid-masjid dibangun megah-megah
5. Dan berbagai perjanjian dan transaksi dilanggar sepihak
6. Dan berbagai peralatan musik dimainkan
7. Dan berbagai jenis khamr diminum manusia
8. Dan perzinaan dilakukan terang-terangan
9. Dan para pengkhianat dipercaya (diberi jabatan kepemimpinan)
10. Dan orang yang amanah dianggap pengkhianat (penjahat/teroris)
11. Tersebarnya Pena (banyak buku diterbitkan)
12. Pasar-pasar (Mall, Ruko, Plaza, Supermarket) Berdekatan
13. Penumpahan darah dianggap ringan
14. Makan riba

Menyikapi hal ini, mari bersama-sama kita mulai introspeksi diri kita untuk kembali ke jalan yang lurus. Ini peringatan bagi kita.

Mengenai tahun 2012, sabaiknya anda lebih bijak dalam memaknainya. jadikan ini sebagai motivasi kita untuk mulai beramal baik dengan menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Kalaupun benar isu di tahun 2012 akan terjadi kiamat, kita telah siap untuk menerimanya. Sesungguhnya semua makhluk hidup akan mati dan kembali padaNya, cepat atau lambat. Maka, persiapkan diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar